design panel dan kontrol

   

Halaman Utama

    Produk  

Link        

 Kontak Kami        

Free Demo 

 Download

   
 


      Sistem Monitoring dan Kontrol Pompa

           Sistem monitoring multichanel dan multipoint mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek kontrol.  Pengukuran  multichanel dan multipoint sangat banyak digunakan untuk mengontrol perubahan temperatur di proses blending tangki , mesin extruder, injection mold, ruang transformator pada industri, pendingin ruangan mall, atau  gedung dimana dibutuhkan alat kontrol ( sensor atau module ) sebagai pengendali. Perubahan pada nilai pengukuran berdampak pada sistem pompa terutama untuk sistem kontrol level tangki atau kontrol tekanan yang melibatkan pompa sebagai pengendali level dan tekanan.

Penggunaan Pompa

Beberapa penggunaan pompa seringkali dikaitkan proses atau sistem kontrol dengan tujuan :

  • Kontrol Volume / Level Tangki
  • Kontrol Tekanan Pipa
  •  
  • Kontrol Temperatur Ruangan
  • Kontrol Proses Transfer
  • Kontrol Energy

secara terintegrasi dengan tujuan mendapatkan sistem atau proses yang dikehendaki.

Kontrol Start Stop Otomatis Pompa Diesel dengan WLC

wiring panel WLC

            Sistem kontrol dan monitoring  pompa  otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan WLC yang bekerja berdasar pada  level Low dan High dari permukaan air. WLC menerima sinyal Low dan High sebagai perintah ON dan OFF pompa.

             Bagaimana melakukan pengontrolan mesin diesel untuk pompa air sungai ? Prinsip kontrol motor AC dan motor diesel tentulah tidak sama saat proses starting. Beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam wiring panel mesin diesel adalah menggabungkan wiring WLC dan wiring untuk starting dan stop mesin diesel sebagai penggerak pompa. Bagaimana menggabungkan kontrol ini merupakan ketrampilan dalam pembuatan kontrol sistem tegangan DC dimana penggunaan perangkat kontrol panel ataupun modul controller menjadi sangat penting. 

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  087805401860atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

System Kontrol Pompa Hydrant, Water Tank , Chiller , AHU dan Saving Energy.

wiring motor compressor

          Untuk mengontrol dan  memonitor pompa compressor AHU, Chiller, dan Colling Tower diperlukan sistem otomatisasi yang melakukan tindakan pengaktifan / eksekusi kerja dan pengambilan data parameter tekanan, temperatur dan input sensor ataupun sensor lain yang akan dipakai sebagai input pengukuran, controlling dan monitoring  sistem sehingga kinerja pompa secara keseluruhan dapat  terjaga dengan baik sesuai tujuan dan prinsip saving energy.

          Sistem kontrol dan monitoring ini dilakukan karena seringnya kendala dalam meningkatnya pemakaian listrik yang tidak seimbang dengan pemakaian beban. Kondisi instalasi, wiring motor, serta kurang baiknya sistem kontrol dan monitor mesin membuat kinerja mesin makin buruk dan menimbulkan banyak permasalahan dan biaya listrik yang cukup tinggi. Temperatur yang tidak stabil, tekanan dan position valve yang tidak normal serta masih buruknya sistem instalasi akan menimbulkan dampak negatif biaya listrik yang cukup tinggi. 

           Kesalahan pembacaan dan pengukuran,  dan seringnya terjadi gangguan peralatan seperti kesalahan dalam sistem sistem instrument merupakan salah satu faktor kesalahan operasi yang berdampak juga pada biaya energy listrik yang dipakai.

           Compressor merupakan bagian penting dari proses pengaturan flow  refrigerant dan sebagai unit / sistem pengatur pendinginan dari unit chiller. Sistem pengaturan flow refrigerant dalam unit compressor menjadi bagian penting dalam rangka saving energy. Ketimpangan  penggunaan refrigerant dibanding pembebanan / load beban chiller dibanding kontinuitas kecepatan motor compressor  menjadikan un-effisien dalam kebutuhan listrik yang cukup tinggi. 

Kami melakukan proses wiring panel, pemasangan sensor , penambahan kontrol pada sistem pompa, penambahan modul kontrol dan membuat tampilan proses pada layar komputer, serta melakukan pemrograman dengan software sehingga proses atau sistem dapat dilakukan secara mudah, otomatis, cepat, dalam rangka saving energy. 

Kontrol dan Monitoring Temperatur  Cooling Tower dan Chiller

 wiring bas Colling Tower  wiring chiller

 

          Temperatur Outlet dan Inlet dari dan ke unit Chiller merupakan parameter yang dipakai sebagai input data analog yang selalu digunakan sebagai pembanding harga temperatur terukur dengan temperatur setting. Perbedaan keduanya akan dipakai sebagai pengendali utama pengaturan temperatur untuk kemudian dapat dipergunakan sebagai pengendali motor, control valve, atau sistem compressor. Pengendalian terintegrasi melalui beberapa peralatan kontrol seperti temperatur transmiter / transducer dapat dibentuk untuk mendapatkan hasil bagaimana mengurangi pemakaian energy. Berikut contoh aplikasi sistem kontrol untuk saving energy pada unit Chiller.

saving energy chiller

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  087805401860atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

Kontrol dan Monitoring Level Tangki

         Sistem monitoring  level  dilakukan untuk memonitor jumlah atau volume atau level suatu tangki, sehingga diharapkan dapat termonitor secara real time  beberapa  data input dan data output tangki. Sistem kontrol pompa akan secara otomatis bekerja  untuk melakukan kontrol level setelah data monitoring didapatkan berupa posisi level high dan low. Pada kondisi ini sistem monitoring akan memantau status / kondisi baik highlevel, low level, auto-manual pompa, serta parameter data lain seperti flow aliran serta parameter data inverter / variable speed drive ( sebagai pengendali kecepatan motor ).

level tangki

Kontrol dan Monitoring Tekanan

wiring panel osmosis

        Penggunaan Inverter atau Variable Speed Drive atau Variable Frekwensi Drive pada mesin osmosis merupakan aplikasi kontrol berbasis PID yang banyak dilakukan untuk melakukan pengendalian proses filtrasi / penyaringan dan effisiensi energi. Besaran tekanan yang terukur mengalami perubahan setiap saat dan berpengaruh terhadap hasil penyaringan, serta putaran pompa ( tekanan ) agar proses dapat terus bekerja secara benar dan otomatis.

 

Building Automation System

        Pengoperasian listrik untuk system lighting, chiller, genset, boiler, compressor, sumpit pump, water pump tank, colling tower, fan, blower yang digunakan pada suatu bangunan komersial atau industri selama ini  sebagian masih menggunakan system konvensional yaitu dengan kontrol panel lokal . Dimana seluruh aktivitas pengoperasian dan monitoring ( menghidupkan dan mematikan unit, memonitor pengukuran, troubleshooting, dan pencatatan kejadian ) dilakukan secara manual menggunakan panel lokal dan tenaga manusia. Hal ini tentu saja berdampak pada  effisiensi waktu, tenaga dan biaya  listrik.

Sistem kontrol dan  monitoring yang kami rancang adalah berupa pemasangan modul controller yang akan mendeteksi unit, melakukan pengontrolan proses dan membuat schedule event operasional unit dengan menggunakan software dimana unit akan bekerja secara otomatis dari ruang kontrol.

Hubungi    kami  untuk   presentasi dan    demo produk : 0276-324189 atau  087805401860 atau  081218127854

Pekerjaan Yang Kami Lakukan

  • Pembuatan panel kontrol WLC
  • Pembuatan panel kontrol Diesel
  • Pembuatan  sistem monitoring Diesel
  • Pembuatan sistem kontrol Jarak Jauh
  • Pemrograman dan pembuatan HMI - SCADA
Kontrol Pompa Diesel dan Automatic WLC

wiring WLC 

         Sistem instalasi mesin diesel lebih sering dibuat untuk operasi start dan stop. Sistem starting  untuk menghidupkan/menjalankan mesin diesel dibagi menjadi 3 macam sistem starting yaitu sistem start manual, start elektrik, dan start kompressi.

Sistem Start Elektrik. Sistem ini dipakai oleh mesin diesel yang memiliki daya sedang yaitu < 500 PK. Sistem ini menggunakan motor DC dengan suplai listrik dari baterai/accu 12 atau 24 volt untuk menstart diesel seperti dalam wiring panel berikut.

wiring panel pompa diesel

                   Dinamo starter ini bagian dari mesin yang berfungsi sebagai penggerak awal dari mesin. Dimana melalui mekanisme roda gigi dan pinion dynamo starter ini menggerakkan flywheel. Dari awal putaran diporos ini akan menghasilkan kompresi diruang bakar dan putaran injection pump yang akan mengabutkan bahan bakar.Setelah terjadi pembakaran dan menghasilkan gerakan berputar sendiri , dynamo akan lepas dari gigi flywheel.

                   Sebuah dinamo starter didesain untuk bekerja sesaat pada saat starting.Dengan daya Kw yang besar dan ukuran fisik yang relative kecil maka kemampuan menahan panas tidak cukup jika dioperasikan dengan waktu yang lama. Sebaiknya waktu starting tidak melebihi 10 detik, serta dalam satu periode tidak lebih dari tujuh kali starting dengan interval yang pendek ( untuk setting waktu bisa dilihat lebih lanjut pada pokok bahasan wiring panel dan setting di bagian Setting Timer ). Karena itu pada panel kontrol dilengkapi dengan safety relay yang akan membatasi start hingga tidak lebih dari 10 detik.

wiring start stop

Aplikasi  Kontrol Pompa Diesel dengan Modul Deepsea dan WLC

wiring deepsea

          Sistem kontrol diesel dengan modul Deepsea merupakan sistem dengan kemudahan setting parameter diesel , juga menjadi pilihan paling praktis dalam hal proses wiring panel. Dibandingkan dengan sistem wiring konvensional maka proses wiring dengan modul dengan layar monitor ini juga lebih menguntungkan dalam hal sinyal informasi dan sistem kontrol yang lengkap untuk operasi diesel. Gambar berikut menjelaskan bagaimana wiring dengan modul Deepsea.

wiring

        Penggabungan sistem otomatisasi level WLC dengan modul deepsea akan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan wiring konvensional tanpa modul. Pemilihan kontrol auto dan manual pada tombol keypad modul deepsea bisa diaplikasikan pada sistem kontrol level WLC dimana sistem auto start stop diesel ditentukan dari sistem kontol WLC. Sebaliknya untuk kerja manual, start stop diesel hanya dilakukan dengan pemilihan tombol manual di keypad modul.

Oleh karena itu kami mempersiapan rancang bangun yaitu berupa  sebuah kontrol  otomatis yang mampu menjalankan  mesin diesel sesuai yang direncanakan.

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  087805401860atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

 

Sistem Telemetry unit Pompa

Telemetry Control

              Sistem telemetry unit pompa merupakan kegiatan mengawasi aktivitas proses untuk mendapatkan sistem yang otomatis dan effisien yang dikendalikan dari jarak jauh. Selain kemudahan monitoring data pada proses yang sedang berjalan,  proses controlling  dapat berjalan dengan lebih mudah, penghematan waktu serta instalasi. yang lebih sederhana.

              Sistem telemetry ini banyak diaplikasikan di instalasi PDAM, Water Treatment, Sistem Kendali pompa jarak jauh, Sistem kendali lingkungan dan lainnya, dimana jarak menjadi kendala wiring instalasi dan jarak yang dimonitor dengan sistem kontrol pusat cukup jauh. Data yang dimonitor bisa berupa data digital dan data analog seperti temperatur dan humidity, level, serta kandungan kimia atau vibrasi.

Sistem monitoring yang kami rancang adalah berupa tampilan data hasil pengawasan  dimana hasilnya kami tampilkan ke layar operator secara online dalam bentuk kejadian, aktivitas, proses, berita dan laporan.

Sistem yang kami rancang  merupakan perangkat hardware dan software yang terintegrasi ke semua instalasi , mencatat, merespon, dan memberikan informasi secara real tentang keadaan yang sedang terjadi.  Yaitu :

  • Kontrol dan Monitoring Pompa Jarak Jauh 
  • Kontrol dan Monitoring Level  Jarak Jauh
  • Kontrol dan Monitoring Fire Alarm Jarak Jauh
  • Kontrol dan Monitoring Genset Jarak Jauh

Manfaat Sistem Kontrol dan Monitoring Jarak Jauh

wiring bas Colling Tower


Memperbaiki Effisiensi Kerja Mesin

Ketika sistem monitoring  lemah maka akan terjadi pemborosan waktu, un-effisiensi, lack-of target, trouble of machines yang merupakan kerugian besar dalam hal biaya maintenance, operational dan investasi.  Kami merancang sistem untuk :

  • melakukan tindakan koreksi pada saat terjadi kesalahan dengan memberikan sinyal ke stasiun pegendali
  • memberikan effisiensi waktu kepada team  untuk memonitoring situasi dan melakukan banyak tugas untuk perbaikan semua gejala abnormal dari kejadian mesin.
  • memberikan team  cara monitoring peralatan secara lebih efektif.

Kecepatan Informasi dan Kelengkapan Data Monitoring

         Kurangnya data informasi langsung dari lapangan dan terbatasnya peralatan kontrol akan mengurangi effisiensi peralatan dan pekerjaan. Pengendalian peralatan dan proses yang real time akan membantu perencanaan dalam beberapa hal penting seperti gejala abnormal, saving energy, management, dan kemudahan lainnya. Namun beberapa kendala yang terjadi pada sistem telemetry ini kebanyakan terletak pada biaya yang tinggi meski manfaat cukup tinggi.

         Bagi pihak management seluruh data aktivitas dan kondisi akhir proses produksi bisa dipantau secara online melalui jaringan komputer yang menggambarkan keadaan mesin, dan status operasi serta keadaan mekanik atau elektrik, akan sangat membantu untuk pembuatan keputusan dalam banyak bidang management.

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  087805401860 atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

Memberikan  Informasi untuk Pengambilan Keputusan

Dengan penggunaan monitoring produksi Anda dapat meningkatkan effisiensi peralatan produksi yaitu dengan identifikasi semua kesulitan vatal ( breakdown time, lost of target,  un-effisiensi ) dalam proses produksi Anda. Anda akan dapat melihat mengevaluasi semua kemampuan produksi dari semua mesin-mesin Anda. Sistem monitoring produksi juga akan membantu Anda menilai performance mesin Anda dan menjadi dasar analisa dalam membuat keputusan pengembangan mesin-mesin produksi.

  • Pembuatan Tombol Fungsi Operasi Mesin ( Start - Stop , Auto, Manual, Run dsb ).
  • Pembuatan Monitoring Data Pengukuran Proses ( Kwh meter, Ampere, Tegangan, Flow Meter, Tekanan Gas, Level Tangki dsb )
  • Pembuatan Record Data setiap Kejadian dalam bentuk Database dari setiap aktivitas dan kejadian ( baik event atau alarm ) yang dilakukan atau terjadi dalam gedung, atau bangunan.
  • Pembuatan proses otomatisasi kontrol gedung untuk effisiensi pekerjaan dan memudahkan pengontrolan serta monitoring seluruh kegiatan dan proses kerja sebuah gedung.
  • Pelaporan kejadian secara real time ( pada saat itu juga ) terhadap kerusakan, ketidaknormalan sistem dan proses kerja sistem.

Keuntungan Langsung Penggunaan Variable Speed Drive dan Teknologi Microprocessor

             Penggunaan Variable Speed Drive telah banyak dipakai selain sebagai pengontrol energy listrik, namun juga dipakai sebagai langkah untuk monitoring kondisi perangkat dan sistem mekanik yang terlibat didalam proses tersebut. Teknologi jaringan yang ditambahkan pada perangkat inverter telah menambah keuntungan dan monitoring distribusi dan solusi control dari berbagai aplikasi inverter.

             Dengan upgrade yang sering dilakukan, variabel speed drive telah dimodifikasi dalam beberapa fungsi mathematic untuk menaikkan kapasitas sistem. Artinya beberapa fungsi kontrol yang dulu dilakukan oleh PLC sekarang sudah digantikan dengan tambahan fungsi kontrol di dalam inverter itu sendiri termasuk penyediaan kontrol PID secara internal. Teknology telah memungkinkan beberapa fungsi operasi logika dan beberapa proses matematik yang menjadikan Inverter menjadi module cerdas yang dapat bekerja meski tanpa bantuan PLC atau pemrograman komputer seperti sebelumnya.

 

 

 

Bagaimana Membuat Sistem Kontrol dan Monitoring Pada Mesin Chiller, AHU dan Colling Tower untuk Saving Energy ?

wiring inverter

wiring speed drive

wiring drive frequency