Language 

                                                       FIRE ALARM SYSTEM    BUILDING AUTOMATION     SAVING ENERGY    PRODUCTION MONITORING    TELEMETRY COMMUNICATION    CONTACT US   

                                                       FACILITY MANAGEMENT SYSTEM     BTS TOWER MONITORING    BATTERY MONITORING    GAS MONITORING      EMERGENCY WARNING SYSTEM PLC  PROGRAM                                                          FIRE HYDRANT SYSTEM

 

building integration system

                     
 


      Building Automation System

          Di berbagai sektor industri  dan komersial pemakaian energi listrik  merupakan persoalan yang tidak mudah diselesaikan. Karena menyangkut berbagai faktor tentang tenaga kerja, peralatan, perawatan mesin,  atau sistem pengoperasian.  Peralatan yang biasanya memperbesar tagihan listrik,

  • Air - Conditioning
  • Motor Induksi 3 Phasa
  • Air - Chiller HVAC
  • Water Coller
  • Colling Water Pump
  • Lighting
  • Escallator
  • Water Heater
  • AHU , biasanya membutuhkan sistem operasi yang otomatis untuk mempermudah pekerjaan.

Berbagai persoalan muncul karena minimnnya pengendalian dan monitoring sistem, serta mis-informasi atau kurangnya pemahaman teknis, terutama persoalan kontrol otomatis dari berbagai sistem pengendalian seperti pengendalian temperatur, tekanan, flow,  menjadi persoalan utama pemborosan energi listrik. 

Kontrol Start Stop Otomatis Lampu Penerangan

panellampu

Panel lampu penerangan biasanya dibuat dalam bentuk sistem switching manual dengan melibatkan beberapa push button, selector switch dan beberapa relay atau magnetic contacor, yang terhubung dengan perangkat lampu yang terbagi dalam beberapa ruangan dalam gedung atau pabrik.

Sistem kontrol dan monitoring  lampu  penerangan  otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan sistem BAS  yang bekerja berdasar pada  perintah program otomatis. Mengingat kontrol ON OFF tidak efisien maka perlu dibuatkan sistem otomatis. Hal tersebut melibatkan beberapa relay dan magnetic contactor dan beberapa modul controller yang terhubung dengan komputer yang sdh diprogram.

            Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  087805401860 atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

System Kontrol Pompa Hydrant, Water Heater , Chiller , AHU dan Saving Energy.

AHU BAS  compressor bas

         Unit AC untuk bangunan atau gedung adalah perangkat listrik yang menyerap energi listrik cukup besar atau 60% hingga 70% total pemakaian biaya listrik.  Hal tersebut dikarenakan banyaknya unit  motor listrik serta sistem operasi  dan kontrol  yang masih manual sehingga tidak effisien. Dan beberapa sistem kontrol  masih menggunakan prinsip lama yang dioperasikan start delta yang tidak lagi bisa bekerja seimbang untuk mengendalikan beban unit secara otomatis. Bahkan sistem AHU atau Chiller tidak bekerja berdasarkan volume kebutuhan pendinginan yang dibutuhkan tapi selalu beroperasi sama baik kebutuhan tinggi ataupun rendah. Penyebab lain tingginya pemakaian  listrik adalah sistem Chiller atau AHU tidak bekerja berdasarkan sistem teritegrasi dalam satu pengontrolan ( close loop ) antara unit pengontrol suhu ruangan dan unit control chiller ataupun AHU.

         Penggunaan sistem BAS akan memonitor sistem operasi chiller AHU untuk mengendalikan sistem pembebanan suhu ruangan otomatis atau mengontrol posisi start, stop, alarm atau energi listrik dengan memanfaatkan perubahan dari temperatur, tekanan, humidity ruangan  secara otomatis dengan sistem pemrograman komputer yang terintegrasi.

  start delta inverter

           Kami melakukan pemrograman,  wiring panel, pemasangan atau pemanfaatan sensor temperatur ,  sensor tekanan, penambahan kontrol pada sistem pompa, penambahan modul kontrol dan membuat tampilan proses pada layar komputer,  sehingga proses atau sistem dapat dilakukan secara mudah, otomatis, dalam rangka pencapaian saving energy.  

Kontrol dan Monitoring Temperatur  Cooling Tower, AHU dan Chiller

 wiring cable cable bas suppreme

          Monitoring dan pengoperasian unit pendinginan kadang masih melibatkan tenaga manusia saat hendak menentukan aktif dan tidaknya unit saat kebutuhan pendinginan berubah, bahkan seringkali tidak sempat memonitor dan mengontrol seberapa banyak sistem yang boros dalam pemakaian energi karena keterbatasan panel pengendali.

Sistem building automation, menciptakan panel dan sistem kontrol dan monitoring yang mengantisipasi keterbatasan pekerja dengan menambahkan beberapa modul tambahan yang terintegrasi dengan unit komputer,  mengukur, menginformasikan dan mengendalikan unit-unit yang rawan kontrol dan unit yang banyak melibatkan pemborosan waktu, dan pemborosan pemakain energi listrik.

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk bagaimana lakukan hal tersebut di : 0276-324189 atau  087805401860atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

Kontrol dan Monitoring Fire Alarm

        Sistem monitoring fire alarm dari berbagai merk bisa dipergunakan sebagai pertimbangan baik sistem addressable dan konvensional, dengan sistem telemetry atau local memudahkan pemantauan indikasi kebakaran bisa diintegrasikan dengan unit komputer untuk pengendalian secera keseluruhan dalam satu layar komputer yang bersatu dengan sistem pengendalian Chiller, Colling Tower, AHU, Pump Room, Lighting secara lebih effisien. 

          Intelligent addressable FACP dengan built in communicator MS9200-UDLS merupakan perangkat kontrol fire alarm yang dilengkapi dengan sistem telemetry jaringan telephone otomatis yang menghubungkan unit fire alarm dengan sistem central melalui penambahan modul optional  411/411UD slave digital alarm communicator, 411 UDAC, IPDACT-2/2UD, VisorAlarm Plus, dan IPGSM-4G merupakan produk sistem monitoring yang baik yang mampu menampilkan kerja pengontrolan secara terintegrasi dengan unit komputer secara otomatis dalam satu sistem pengontrolan.

  install smoke detector  wiring panel MCFA

       Beberapa sistem kontrol panel fire alarm seringkali mengalami kerusakan modul utama dan berdampak tidak lagi bekerja secara baik. Dan membutuhkan perbaikan. Beberapa modul kadang tidak lagi diproduksi dan dibutuhkan unit pengganti baru. Komputer merupakan unit yang selalu diproduksi secara masal dan bisa menggantikan unit kontrol utama fire alarm dengan sedikit pemrograman.

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk bagaimana lakukan hal tersebut di : 0276-324189 atau  087805401860atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

Genset, Trafo  dan Power Room Panel

genset auto bas

        Penggunaan sistem BAS dimaksudkan untuk memberikan sistem yang handal dalam pemberian informasi dan kondisi semua peralatan, mengendalikan proses dan aktifasi mesin sehingga dalam keadaan apapun baik emegency ataupun normal mampu bekerja secara baik dengan mengendalikan proses dan sistem yang ada. Data kondisi genset, trafo, LVMDP, Fan, Blower, dan status panel serta beberapa parameter yang dipantau bisa ditampilan dalam layar komputer dan diperlukan dalam menjaga sistem selalu standby dan kapanpun bekerja secara otomatis.

Monitoring Temperatur dan Lingkungan

        Pengoperasian listrik untuk system lighting, chiller, genset, boiler, compressor, sumpit pump, water pump tank, colling tower, fan, blower yang digunakan pada suatu bangunan komersial atau industri selama ini  sebagian masih menggunakan system konvensional yaitu dengan kontrol panel lokal . Dimana seluruh aktivitas pengoperasian dan monitoring ( menghidupkan dan mematikan unit, memonitor pengukuran, troubleshooting, dan pencatatan kejadian ) dilakukan secara manual menggunakan panel lokal dan tenaga manusia. Hal ini tentu saja berdampak pada  effisiensi waktu, tenaga dan biaya  listrik.

Sistem kontrol dan  monitoring yang kami rancang adalah berupa pemasangan modul controller yang akan mendeteksi unit, melakukan pengontrolan proses dan membuat schedule event operasional unit dengan menggunakan software dimana unit akan bekerja secara otomatis dari ruang kontrol.

Hubungi    kami  untuk   presentasi dan    demo produk : 0276-324189 atau  087805401860 atau  081218127854

Pekerjaan Yang Kami Lakukan

  • Pembuatan panel kontrol WLC
  • Pembuatan panel kontrol Diesel
  • Pembuatan  sistem monitoring Diesel
  • Pembuatan dan perbaikan sistem kontrol kebocoran gas
  • Pemrograman dan pembuatan HMI - SCADA

Diesel Pump Warming Up

diesel pump and hydrant

 

Water Pump Room

pump room  flow switch

            Pengoperasian listrik untuk system sumpit pump, water pump tank, colling tower, fan, blower yang digunakan pada suatu bangunan komersial atau industri selama ini  sebagian masih menggunakan system konvensional yaitu dengan kontrol panel lokal . Dimana seluruh aktivitas pengoperasian dan monitoring ( menghidupkan dan mematikan unit, memonitor pengukuran, troubleshooting, dan pencatatan kejadian ) dilakukan secara manual menggunakan panel lokal dan tenaga manusia. Hal ini tentu saja berdampak pada  effisiensi waktu, tenaga dan biaya  listrik.

           Melalui penggunaan sistem BAS maka sistem pompa dapat dipergunakan baik untuk operasi harian, maintenance  ataupun untuk emergency fire alarm. Melalui modifikasi panel kontrol, sistem dapat dibagi dalam 2 operasi yaitu local dan remote. Operasi remote dimaksudkan untuk sistem pompa otomatis dimana terjadi sinyal kebakaran, atau terjadinya sinyal trigger dari flow switch atau splinker dan push button.

 

Perkembangan Building Automation System

building automation System 

         Building  Automation System merupakan solusi energy, security, fasilitas dan management, system video, HVAC, lighting / penerangan, fire alarm system serta beberapa kontrol gedung termasuk utility seperti genset,  power panel room, water treatment, lift, dan pump room.

           Beberapa perangkat system telah dilengkapi dengan software dan hardware berbasis Web dan protocol komunikasi Modbus dan BACnet. Dan system telah dikembangkan untuk tujuan-tujuan dalam hal kontrol AHU, HVAC, Sequencial control, alarm, beberapa fungsi schedule Start Stop.

Penarikan Kabel.

           Instalasi building automation system dibagi dalam beberapa sector area atau zona dimana unit unit chiller, AHU, Water Heater, Cooling Tower atau yang lainnya terpasang untuk memudahkan penarikan kabel. Instalasi kabel dari tiap unit harus dilakukan dengan alamat dan kode sesuai dengan zona atau unit bersangkutan agar memudahkan pelaksanaan wiring baik ke modul kontrol ataupun ke sensor lapangan.

           Beberapa perangkat modul kontrol telah ditambahkan pada panel box ruang-ruang unit terdekat. Penarikan kabel baik kabel sensor dan kabel data merupakan  bagian pekerjaan building automation system selain wiring modul kontroller , dan setting konfigurasi modul, serta pemrograman komputer. Semua bagian instalasi kabel, wiring, setting perangkat dan aktivitas pemrograman dilakukan  sehingga tujuan kontrol dan monitoring status unit  bisa dilakukan.

                     pulling cable   instalasi kabel

Pemasangan Modul dan Wiring Panel

                Panel kontrol merupakan beberapa kombinasi peralatan power suplay, MCB, relay unit, magnetic contactor, alat ukur / meter, variable speed drive, yang membentuk sistem pengontrolan otomatis dan manual untuk tiap-tiap unit mesin yang terdapat didalamnya.

                Pembuatan building automation system dengan melalui penambahan modul transmitter, thermocouple, converter RS232/422/485 dan perangkat lain seperti meter analog, digital meter, variable speed drive, sensor humidity, dan lainnya merupakan unit system yang terintegrasi membentuk sistem monitoring dan kontrol yang dibutuhkan dalam menunjang operasional dan management gedung.

Modul Temperatur Control dan Inverter

  • Memonitor dan mengontrol temperatur chiller, AHU, water heater dan menurunkan pemakaian energi listrik.
  • Menurunkan biaya operasional karyawan,  down time dan kemudahan kontrol ON / OFF dari lokasi pengontrolan

              

wiring panel   wiring modul

          Proses wiring dilakukan untuk mendapatkan data panel yang hendak dimonitor untuk kemudian dapat pula dilakukan pengontrolan melalui sistem kontrol pusat dengan beberapa perintah pemrograman.

  Kami melakukan modifikasi sistem lama  melalui proses wiring panel, pemasangan sensor , penambahan kontrol pada unit panel existing sesuai yang direncanakan sesuai tujuan Building Automation System

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0271-710953 atau  087805401860atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

Apa yang kami tawarkan dari Building Automation System  :

bas hmi
  • Memberikan solusi saving energy dengan pemasangan modul analog transmitter receiver 4-20mA untuk mengontrol otomatis temperatur dan tekanan AHU serta pemasangan pembuatan kontrol monitoring speed pada variable frequency drive pada Unit Fan.
  • Membuat sistem alarm ke ruang kontrol yang mampu memberikan informasi tentang event / kejadian yang berlangsung secara real time pada unit mesin Water Heater, CoolingTower, AHU, ATS AMF. Dimana Anda akan secara mudah mengetahui dan menentukan  apa yang sedang terjadi dan melakukan antisipasi segera jika terjadi overtemperatur, low temperatur, high low pressure dari sistem.
  • Membuat lokal panel kontrol dan monitoring berikut pemrograman yang akan mengatur schedule operasi unit mesin tertentu secara otomatis sehingga akan berdampak dalam effisiensi operasional, kemudahan setting, memperkecil pemborosan energi yang akan terjadi. Program Scedular yang akan secara otomatis menghidupkan dan mematikan mesin secara otomatis dan sangat mudah untuk setting untuk schedule operasi sesuai keinginan tanpa petugas harian. Dapat dilakukan pada pengaturan warming up Genset ( Start Stop Genset ), schedules ON/OFF pada mesin AHU atau Chiller,

report even alarm

  • Membuat  laporan sistem untuk analisa sehingga mengurangi kesalahan dan mis-informasi yang sering terjadi menyangkut data pemakaian listrik, operasi, dan informasi lain yang dilakukan secara manual. Informasi data berupa tabel, grafik yang terkait dengan biaya, performance, error system ditampilkan dalam bentuk pdf, Excell, Word untuk menunjang sistem informasi yang dibutuhkan dalam jajaran management.   
  • Menampilkan aktifitas seluruh perangkat utility  gedung terutama yang berhubungan dengan effiesiensi, kemudahan, dan kelancaran dalam layar komputer seperti temperatur ruangan, tekanan pipa gas, sistem hidrant,  fire alarm system, water treatment, pump room, sumpit,  water tank, dsb . 

Jadi apa yang Anda dapatkan dengan sistem BAS adalah :

  • Anda tidak perlu lagi menghidupkan dan mematikan unit peralatan gedung Anda secara manual
  • Anda tidak perlu lagi mengukur  jumlah arus, tegangan atau biaya pemakaian listrik secara manual.  
  • Anda tidak perlu mangalami  Kasus Emergency and kasus kritis dengan tenaga maintenance. Kasus akan tertampil  di layar komputer dan terekam dalam CCTV pada saat kejadian. Sehingga memudahkan Anda untuk menganalisa kejadian dan penyebabnya.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Sekarang 

          Anda tidak bisa mengharapkan sistem kontrol manual dalam hal monitoring seluruh unit elektrik, utility, power energi, dan fire alarm atau boiler, dan unit pump room dan membutuhkan alat bantu yang memberikan data informasi secara lengkap.  Sistem Kontrol dan Monitoring  terintegrasi yang didukung  dengan beberapa  modul  yang diletakkan  ditempat -tempat strategis atau berbahaya  didesain untuk  meringankan pekerjaan Anda.

Saatnya Modifikasi sistem ANDA

Modifikasi sistem meliputi pembuatan panel baru sebagai panel modul yang akan menerima sinyal informasi dari beberapa perangkat seperti temperature transducer, level transmitter, pressure transmitter,   ampere, tegangan, baik besaran analog ataupun besaran digital.

 

Manfaat Sistem Kontrol dan Monitoring Jarak Jauh

wiring bas Colling Tower


Memperbaiki Effisiensi Kerja Mesin

Ketika sistem monitoring  lemah maka akan terjadi pemborosan waktu, un-effisiensi, lack-of target, trouble of machines yang merupakan kerugian besar dalam hal biaya maintenance, operational dan investasi.  Kami merancang sistem untuk :

  • melakukan tindakan koreksi pada saat terjadi kesalahan dengan memberikan sinyal ke stasiun pegendali
  • memberikan effisiensi waktu kepada team  untuk memonitoring situasi dan melakukan banyak tugas untuk perbaikan semua gejala abnormal dari kejadian mesin.
  • memberikan team  cara monitoring peralatan secara lebih efektif.

Kecepatan Informasi dan Kelengkapan Data Monitoring

         Kurangnya data informasi langsung dari lapangan dan terbatasnya peralatan kontrol akan mengurangi effisiensi peralatan dan pekerjaan. Pengendalian peralatan dan proses yang real time akan membantu perencanaan dalam beberapa hal penting seperti gejala abnormal, saving energy, management, dan kemudahan lainnya. Namun beberapa kendala yang terjadi pada sistem telemetry ini kebanyakan terletak pada biaya yang tinggi meski manfaat cukup tinggi.

         Bagi pihak management seluruh data aktivitas dan kondisi akhir proses produksi bisa dipantau secara online melalui jaringan komputer yang menggambarkan keadaan mesin, dan status operasi serta keadaan mekanik atau elektrik, akan sangat membantu untuk pembuatan keputusan dalam banyak bidang management.

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0271-710953 atau  087805401860 atau  081218127854

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

Memberikan  Informasi untuk Pengambilan Keputusan

Dengan penggunaan monitoring produksi Anda dapat meningkatkan effisiensi peralatan produksi yaitu dengan identifikasi semua kesulitan vatal ( breakdown time, lost of target,  un-effisiensi ) dalam proses produksi Anda. Anda akan dapat melihat mengevaluasi semua kemampuan produksi dari semua mesin-mesin Anda. Sistem monitoring produksi juga akan membantu Anda menilai performance mesin Anda dan menjadi dasar analisa dalam membuat keputusan pengembangan mesin-mesin produksi.

  • Pembuatan Tombol Fungsi Operasi Mesin ( Start - Stop , Auto, Manual, Run dsb ).
  • Pembuatan Monitoring Data Pengukuran Proses ( Kwh meter, Ampere, Tegangan, Flow Meter, Tekanan Gas, Level Tangki dsb )
  • Pembuatan Record Data setiap Kejadian dalam bentuk Database dari setiap aktivitas dan kejadian ( baik event atau alarm ) yang dilakukan atau terjadi dalam gedung, atau bangunan.
  • Pembuatan proses otomatisasi kontrol gedung untuk effisiensi pekerjaan dan memudahkan pengontrolan serta monitoring seluruh kegiatan dan proses kerja sebuah gedung.

event schedule bas

  • Pelaporan kejadian secara real time ( pada saat itu juga ) terhadap kerusakan, ketidaknormalan sistem dan proses kerja sistem.

Keuntungan Langsung Penggunaan Variable Speed Drive dan Teknologi Microprocessor

             Penggunaan Variable Speed Drive telah banyak dipakai selain sebagai pengontrol energy listrik, namun juga dipakai sebagai langkah untuk monitoring kondisi perangkat dan sistem mekanik yang terlibat didalam proses tersebut. Teknologi jaringan yang ditambahkan pada perangkat inverter telah menambah keuntungan dan monitoring distribusi dan solusi control dari berbagai aplikasi inverter.

             Dengan upgrade yang sering dilakukan, variabel speed drive telah dimodifikasi dalam beberapa fungsi mathematic untuk menaikkan kapasitas sistem. Artinya beberapa fungsi kontrol yang dulu dilakukan oleh PLC sekarang sudah digantikan dengan tambahan fungsi kontrol di dalam inverter itu sendiri termasuk penyediaan kontrol PID secara internal. Teknology telah memungkinkan beberapa fungsi operasi logika dan beberapa proses matematik yang menjadikan Inverter menjadi module cerdas yang dapat bekerja meski tanpa bantuan PLC atau pemrograman komputer seperti sebelumnya.

 

 

 

SCOPE PEKERJAAN BUILDING AUTOMATION SYSTEM

Variable Speed Drive

humidity pressure temperature
Harga: By Phone

Mitsubhisi
Type : FR-A740-00440-NA
Frequency control
Multispeed selection
PID controller
Acceleration / Deceleration
CC-Link, Profibus

 
inverter mitsubhisi

Harga: By Phone

Indicating Lamp
Type : HC - 300 L
Supply Voltage : 24 VDC

   
sensor thermocouple
Honeywell MS9200-UDLS

Harga: By Phone

On-board DACT
optional modules :
  :

ANN-80(-W) Remote LCD Annunciator
ANN-I/O LED Driver
ANN-RLY Relay Module
ANN-LED Annunciator Module
ANN-RLED Annunciator Module

fire alarm

Harga: By Phone

Industrial Pressure Transmitter
Type : PT124B-210 (Standart)
Output : 4-20mA( two wire)
             0-10Vdc (three wire)
Input Voltage : 24Vdc

 

pressure transmitter
PID Temperatur Controller
Humidity Sensor

Harga: By Phone

Supported Protocol Modbus RTU
Input Type : mA, V, Thermistor
Analog Output : 0-20 mA
Digital Input . Dry Contact

 
temperature PID

Harga: By Phone

Humidity sensor
Type : 
Output : 4-20mA( two wire)
             0-10Vdc (three wire)
Input Voltage : 24V DC

 
humidity sensor
Transmiter 4-20 mA

Harga: By Phone

Ionization Smoke Detector
Type : HC - 202 D
Supply Voltage : 24 VDC

   
 ionization smoke detector
 DAC 4-20 mA

Harga: By Phone

Current Loop Receiver Tranceiver 4-20mA
4 channel ADC with 16 bit resolution
Up to 3.4 MHz communication Speed
On Board Power management
Up to 8 device per I2C port

 
alarm bell
 
   
Pompa Booster
Master Control Fire Alarm

Harga: By Phone

Pompa Booster
Type :

Brand : ( Taiwan)

   
pompa booster

Harga: By Phone

Esser 8000 Fire Alarm System
Up to 2, 7 40 esserbus loop
Networking up to 30 control panel
Error diagnostic via PC also remote

 
 
MCFA Fire Alarm

  

 
Share